Teman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

7 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Sakit Kepala


Ketika sakit kepala menyerang, ini akan sangat mengganggu kegiatan Anda. Nyalakan lampu, minum obat sakit kepala dan berbaring. Tahukah Anda bahwa ada makanan tertentu yang dapat meringankan dan bahkan mencegah sakit kepala. Tambahkan makanan-makanan ini ke dalam daftar belanjaan Anda dan temukan manfaatnya bagi diri Anda.
sakit kepala1. Baked Potato / Kentang Panggang
Bagian makan malam yang paling Anda sukai adalah dapat membantu meredakan sakit kepala Anda, terutama jika berhubungan dengan alkohol. Menurut Erin Palinski, RD, seorang ahli diet dari New Jersey, “Karena alkohol adalah diuretik, tidak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga menyebabkan Anda kehilangan elektrolit seperti kalium,”. Menurutnya, “Makan makanan yang kaya akan kalium dapat membantu meringankan sakit kepala yang berhubungan dengan alkohol”. Kentang panggang (dengan kulitnya) adalah salah satu sumber kalium, yaitu mengandung 721 mg, lebih tinggi dari pisang yang hanya mengandung 467 mg.
2. Semangka
Dehidrasi adalah penyebab utama sakit kepala, di jelaskan oleh Stella Metsovas, BS, CN, seorang ahli gizi dari Laguna Beach, California. Sebelum minum obat sakit kepala, coba pertimbangkan untuk memakan makanan yang kaya akan air, seperti semangka. “Air yang terkandung dalam buah dan sayur mengandung mineral penting seperti magnesium, yang merupakan kunci penting dalam pencegahan sakit kepala” ujar Metsovas . Cobalah resep ini ketika Anda sakit kepala. Dalam blender, masukkan 2 cangkir potongan semangka, es batu, ½ cangkir yoghurt, sedikit madu dan ½ sdt jahe parut. Blender dan nikmati (Bonus: jahe dapat membantu meringankan sakit kepala yang disebabkan gejala mual). Makanan lain yang kandungan airnya tinggi antara lain mentimun, melon, bubur gandum, tomat dan selada.
3. Kopi
Kopi telah menjadi obat tradisional untuk sakit kepala selama berabad-abad, tapi apakah itu benar-benar bekerja ? “Kafein dalam kopi adalah vasokonstriktor, yang dapat membantu meringankan sakit kepala dengan cara mengurangi ukuran pembuluh darah” ujar Palinski. Tapi tunggu, terlalu banyak minum kopi akan membuat keadaan menjadi lebih buruk. “Kafein juga merupakan diuretik, yang dapat meningkatkan dehidrasi dan meningkatkan keparahan sakit kepala,” tambah Palinski. Intinya, satu cangkir kopi setiap hari dapat membantu Anda mengurangi sakit kepala, tapi minum kopi sepanjang hari tidak akan menjadi pilihan terbaik untuk menyembuhkan sakit kepala Anda.
4. Kacang Almond
Menurut penelitian terakhir, magnesium ditemukkan dalam kacang almond, yang dapat melindungi Anda dari serangan sakit kepala dengan cara merelax-kan pembuluh darah. Penderita migrain juga akan merasa senang dengan mengikuti diet yang kaya akan magnesium, beberapa ahli percaya, “Untuk meningkatkan asupan magnesium, cobalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium, seperti pisang, alpukat, kacang almond, kacang mete, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian” ujar Palinski.
5. Yoghurt
Ketika kepala Anda cenat cenut, tubuh Anda memberi isyarat bahwa mereka membutuhkan kalsium. Menurut Metsovas, “Otak bergantung pada kalsium untuk berfungsi secara efisien”. Tambahnya, “Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, seperti yoghurt bebas lemak, yang merupakan sumber kalsium, tanpa tambahan gula dan probiotik akan bermanfaat bagi usus Anda.”
6. Wijen
Taburkan wijen di salad, oatmeal atau sup lalu aduk. Kenapa ? Wijen mengandung banyak gizi. “Wijen kaya akan vitamin E, yang dapat membantu menstabilkan kadar estrogen dan mencegah migrain selama Anda haid” ujar Palinski. “Wijen juga dapat meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu mencegah sakit kepala”.
7. Bayam
Apakah makanan favorit Popeye dapat mengatasi sakit kepala Anda ? “Bayam telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meringankan sakit kepala” kata Palinski. Coba jadikan bayam sebagai salad Anda untuk mencegah sakit kepala. Campurkan 2 cangkir daun bayam, ¾ cangkir semangka yang dipotong dadu, cincang 2 sdm kacang almond, lalu siram dengan raspberry.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar