Teman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Deteksi Dini Kanker Payudara


Bagi pria, payudara wanita adalah salah satu bagian tubuh yang sangat menggairahkan.Karenanya wanita menganggapnya sebagai aset penting baginya. Bila dari hasil pemeriksaan dokter seorang wanita dinyatakan terkena kanker payudara duh betapa stres dan depresinya dia, terbayang rasa sakit yang berkepanjangan,dan yang paling gawat bila diharuskan operasi pengangkatan payudara.Terbayang aset yang selama ini dibanggakan akan hilang.Selain kanker leher rahim, kanker payudara adalah satu dari beberapa penyakit yang banyak menghinggapi kaum wanita.malahan di negeri inggris sana, kanker payudara adalah penyakit yang sudah menjadi momok mengerikan bagi wanita.
Sudah tak terhitung berapa banyak nyawa wanita diseluruh dunia yang terenggut oleh penyakit mematikan ini. walaupun termasuk kanker yang sering menimbulkan kematian, tapi kesadaran wanita untuk mengetahui dan memahami tanda-tanda awal kanker payudara masih rendah,Maka dari itu pemahaman tentang gejala-gejala awal munculnya kanker payudara seharusnya dipahami oleh setiap wanita sehingga resiko kehilangan payudara akibat operasi pengangkatan dapat diminimalisir.Penanganan yang cepat dan tepat memungkinkan penyembuhan yang tuntas pada penyakit ini. Dengan memahami dan mehgetahui gejala-gejala awalnya maka akan mengetahui bahwa kanker payudara bukanlah penyakit yang mengerikan seperti bayangan banyak orang. Berikut adalah tanda-tanda awal munculnya kanker payudara :
1. Munculnya benjolan dipayudara.
Ini adalah tanda yang mudah dikenali, dengan melakukan perabaan di daerah payudara akan dapat diketahui ada atau tidaknya benjolan. Namun ada kalanya benjolan tersebut tidak terasa hanya dengan perabaan,maka langkah terbaik adalah pemeriksaan mammograph oleh dokter spesialis. Bila terdapat benjolan yang keras dan tidak teratur maka kemungkinan besar itu adalah benjolan kanker,namun bila benjolan berbentuk bulat dan lunak kemungkinan itu adalah kista.
2. Terjadinya pembengkakan.
Walau tidak terdapat benjolan tapi bila payudara membengkak bukan karena kehamilan hal tersebut harus segera diwaspadai.
3. Puting yang terasa nyeri.
Hanya dengan pemeriksaan ultrasonik oleh dokter spesialis akan dapat diketahui apakah nyeri itu akibat kanker payudara atau karena adanya kista, karena kista juga dapat menimbulkan rasa nyeri dibagian puting.
4. Kelenjar getah bening yang bengkak.
Kelenjar getah bening yang bengkak disekitar ketiak adalah tanda awal munculnya kanker payudara. Periksakan secepatnya ke dokter untuk memastikan bahwa itu adalah kanker payudara dan bukan karena infeksi di daerah ketiak.
5.Keluarnya cairan bukan susu diputing.
Bila ada cairan berwarna merah atau coklat yang keluar dari puting, hal ini patut diwaspadai. Segera ke dokter spesialis untuk melakukan test ductogram untuk memeriksa kemungkinan kelainan kelenjar susu.
6. Puting Lenyap.
Adanya perkembangan sel kanker disekitar puting dapat mengakibatkan puting jadi lenyap.hal tersebut dikarenakan terjadinya traksi kelenjar susu karena desakan sel kanker.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar