Teman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Obesitas Dan Cara Penanganannya


Ada dua macam obesitas yaitu obesitas biasa (alami) dan obesitas yang disebabkan prenyakit:
penanganan obesitas1. Obesitas biasa.
Pada umumnya obesitas disebabkan oleh banyak makan yang melebihi batas yang dibutuhkan tubuh, disertai kurangnya pengeluaran  energi. Akibatnya bertumpuklah kelebihan lemak yang tidak dibutuhkan tubuh pada kulit dan perut. Maka bertambahlah berat  badan dan tampaklah kegemukan.Setiap anggota keluarga boleh jadi mengalami obesitas dibanding anggota keluarga yang lainnya.  Diantara faktor penyebabnya adalah keturunan. Walaupun sampai sekarang belumbisa dibuktikan bahwa obesitas merupakan faktor  keturunan. Tetapi sulit sekali untuk menolak anggapan demikian. Hanya kadang-kadang penyebab obesitas dikembalikan pada  kebiasaan buruk setiap anggota keluarga, misalnya berlebih-lebihan  dalam mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak,  karbohidrat atau mempunyai kebiasaan makan banyak.
2. Obesitas karena penyakit.
Yang dimaksud adalah kegemukan yang timbul karena kurangnya sekresi hormon-hormon tubuh yang bekerja mengatur kelenjar- kelenjar endokrin. Misalnya kegemukan bisa terjadi akibat aktifitas kelenjar diatas ginjal bertambah, atau menurunkan  aktifitas kelenjar gondok, atau kelenjar dibawah otak bermasalah. Dalam keadaan ini kegemukan akan disertai tanda-tanda atau  ciri khas sesuai dengan penyakit yang diderita. Misalnya ketika aktifitas kelenjar diatas ginjal bertambah, bertambah pula  pengeluaran kelenjar anak ginjal. Ciri khasnya ialah akan tampak kegemukan pada daerah-daerah tertentu saja, misalnya pada  wajah, dada dan perut. Sedangkan bagian tubuh yang lain tampak langsing. tanda-tanda lainny ialah tumbuhnya rambut pada dagu,  dan adanya garis merah muda pada kulit bagian bawah perut dan diatas paha. Timbul pula penyakit lainnya seperti tekanan darah  tinggi dan diabetes.
Penanganan Obesitas :
Mengobati obesitas yang disebabkan penyakit adalah dengan cara memperbaiki kekurangan hormon, baik dengan mengkonsumsi obat- obatan yang mengandung hormon atau dengan operasi. Yang terbaik adalah dengan memperbaiki penyebabnya yaitu dengan  membebaskan diri dari kegemukan.
Adapun untuk mengobati obesitas yang bersifat alami, dapat dilakukan dengan meyedikitkan  makanan yang mengandung lemak,  karbohidrat dan gula. Ia harus mulai mengkonsumsi makanan dengan membatasijumlah kalorinya hingga memperoleh berat badan yang  normal. Untuk membatasi jumlah kalori yang diperlukan selama pengobatan harus harus memperhitungkan beberapa hal, seperti  aktifitas sehari-hari atau perubahan psikologis tubuh. Karena takaran kalori yang dibutuhkan wanita yang berusia baligh  berbeda dengan takaran kalori wanita yang hamil dan melahirkan, demikian pula dengan wanita yang memasuki masa menoupose.  Agar berat badan dapat berkurang maka pemasukan harus lebih sedikit dibanding pengeluarannya. Artinya pembakaran kalori harus  lebih besar dari pemasukan kalori melalui makanan. Yaitu dengan mengurangi makan dan memperbanyak gerak atau olah raga.  karena itu orang -orang yang menderita obesitas hendaknya memilih salah satu jenis olahraga yang bisa ia lakukan secara  teratur seperti berlari, berenang, loncat tinggi, naik sepeda atau membiasakan olah raga ringan seperti berjalan kaki.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar