Teman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Darah Menstruasi Anda Mengalir Deras, Pertanda Apa Ini?


Jika menstruasi Anda berlangsung lebih dari tujuh hari, Anda mengeluarkan gumpalan darah beku yang  cukup banyak, atau pembalut yang Anda kenakan selalu penuh atau basah dalam satu jam, berarti Anda mengalami menorrhagia,  istilah medis untuk darah menstruasi yang mengalir deras. Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda: Setelah melihat riwayat Anda, dokter akan memberi Anda tes kehamilan atau  keguguran yang menyebabkan darah menstruasi yang berlebihan tersebut, bahkan jika Anda tidak mengalami tanda-tanda kehamilan  lain, seperti payudara yang melunak atau mual. Jika faktor kehamilan dikesampingkan, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan  panggul untuk mengetahui apakah ada serat-serat di situ (penumbuhan nonkanker yang berkembang di dalam uterus dan terjadi  pada lebih 30% wanita usia reproduksi). Dokter Anda juga mungkin akan mencari kemungkinan adanya polip, pertumbuhan gumpalan lemak di sekitar garis endometrial yang menyebabkan keluarnya darah menstruasi yang berlebih ini. Biasanya polip akan  dilenyapkan melalui sarana elektrik, pembedahan atau pembekuan. Dokter Anda mungkin juga akan melakukan tes darah untuk  memeriksa fungsi tiroid. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan siklus menstruasi memendek, memanjang  atau hilang sama sekali, kata Lukert. Gangguan tiroid delapan kali lebih dibanding pria, dan gejala lain bisa jadi muncul  dalam bentuk yang sangat halus dan sering tidak terdiaknosis. Tiroid yang terlalu aktif yang tidak terdeteksi dapat  mengakibatkan ketidakteraturan detak jantung yang membahayakan hidup. Dan jika Anda hamil dan memiliki tiroid yang kurang  aktif belum teratasi, perkembangan otak bayi Anda dapat terganggu. Usia juga berperan dalam hal ini.
darah menstruasiJika darah menstruasi  Anda mengalir hebat di bawah usia 35 tahun (khususnya jika perdarahan ini juga terjadi saat Anda sedang tidak menstruasi),  dokter Anda akan menyarankan biopsy endometrial untuk mengesampingkan faktor kanker endometrial. Lebih dari 10% wanita  penderita menorrhagia mewarisi gangguan dari garis keturunan yang disebut penyakit Von Willebrand.
Jika darah menstruasi Anda selalu mengalir deras, jika gusi Anda mudah berdarah, dan jika Anda pernah mengalami pendarahan  hebat setelah luka atau operasi kecil, sebaiknya Anda dites untuk ada atau tidaknya gangguan ini, kata ahli epidemologi Anne Diiley Ph.D., yang meneliti penyakit Von Willebrand dari Centers for Disease Control Prevention di Atlanta. Untuk mendapatkan  diagnosis ini diperlukan tes darah yang sangat teliti dan memakan Waktu, dan Anda harus mengikuti instruksi tertentu tentang  makanan, olahraga, dan penggunaan aspirin untuk mendapatkan hasil yang akurat.
Dari tiap Wanita yang didiagnosis untuk penyakit Von Willebrand, 50 menderita penyakit ini, kata Stephanie Seremetis M.D.,  direktur pusat perawatan hemofilia dan program kesehatan wanita dari Mount Sinai School of Medicine di New York City. Sebagian besar wanita yang diketahui tidak menderita penyakit ini ternyata mengalami anemia dan harus menjalani pemindahan  uterus untuk memecahkan masalah ini. Meski histerectomi dapat mengakhiri arus menstruasi, wanita-wanita ini masih rentan  terhadap pendarahan yang berbahaya jika mereka terluka atau mengalami pembedahan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar